Kelebihan Kandungan Makanan Kucing

Makanan kucing

Kelebihan kandungan makanan kucing bisa membuat kucing sakit. Asupan kandungan makanan kucing yang bagus pasti akan menunjang kehidupan kucing agar kesehatan mereka tetap terjaga. Tapi tahukah teman-teman, kalau si kecil ini jika diberikan asupan yang berlebihan justru bisa membuat mereka sakit. Artikel ini membahas tentang bahaya apa saja jika si kecil kalian diberikan asupan makanan yang berlebihan.

Batas Wajar Asupan Kandungan Vitamin Perhari

Berikut nutrisi dari makanan kucing yang tidak boleh berlebihan diberikan ke kucing menurut Association of American Feed Control Officials (AAFCO) agar kucing sehat:

Vitamin A. Batas wajar yang bisa dikonsumsi setiap harinya adalah sebesar 5000 SI / 1 kg berat badan kucing.

Vitamin D. Batas wajar yang bisa dikonsumsi setiap harinya adalah sebesar 500 mg / 1 kg berat badan kucing.

Kalsium. Batas wajar untuk kalsium yang bisa dikonsumsi setiap harinya adalah sebesar 0,6 mg / 1 kg berat badan kucing.

Magnesium. Batas wajar untuk magnesium yang bisa dikonsumsi setiap harinya adalah sebesar 0,04 persen dari jumlah makanan / 1 kg berat badan kucing.

Zat Besi. Batas wajar untuk zat besi yang bisa dikonsumsi setiap harinya adalah sebesar 80 mg / 1 kg berat badan kucing.

Yodium. Batas wajar yang bisa dikonsumsi setiap harinya adalah sebesar 0,35 mg / 1 kg berat badan kucing.

Sedangkan pada vitamin lainnya boleh diberikan lebih dari batas wajar harian vitamin tersebut. Walaupun begitu jangan terlalu berlebihan untuk memberikan vitamin lainnya yang tidak ada dalam daftar diatas.

Kesehatan yang Terganggu Karena Kelebihan Kandungan Makanan Kucing

Sangat banyak sekali efek kesehatan bagi kucing apabila diberikan nutrisi yang berlebihan. Berikut efek yang ditimbulkan pada kucing:

Vitamin A. Menyebabkan luka pada tulang anak kucing, terutama hasil dari pertumbuhan tulang leher dan bisa menyebabkan osteoporosis.

Vitamin D. Menyebabkan anoreksia, muntah, keletihan dan Pengapuran jaringan lunak pada kucing.

Kalsium. Menyebabkan tertekannya asupan makanan, menurunya pertumbuhan, peningkatan kepadatan mineral tulang dan peningkatan kebutuhan magnesium.

Magnesium. Terjadinya pembentukan batu ginjal pada saluran kemih karena tingginya kandungan pH.

Zat Besi. Kucing bisa muntah dan diare.

Yodium. Menyebabkan air mata, air liur, dan cairan hidung yang berlebihan serta munculnya ketombe pada kucing.

Selain kelebihan kandungan makanan kucing diatas ternyata ada juga kandungan makanan yang dibutuhkan kucing berupa vitamin. Berbahaya bagi kucing teman-teman apabila kekurangan beberapa sumber vitamin yang kucing teman-teman butuhkan. Lebih lengkapnya bisa teman-teman lihat pada artikel efek kekurangan vitamin kucing berserta manfaatnya.

Kesimpulan

Jadi hati-hati ya. Jangan sampai si kecil kelebihan asupan nutrisi dari makanan yang mereka makan. Si kecil kamu bukan akan menjadi sehat, justru akan mengganggu kesehatan kucing dan akan sakit kalau diberikan asupan nutrisi yang berlebihan.

Kirim komentar